Mutathohirin, Anwar (2025) ANALISIS SENTIMEN ULASAN TOKO SPORTHOLIC DI GOOGLE MAPS MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
![[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (467kB)
![[thumbnail of Bab 1.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (489kB)
![[thumbnail of Bab 2.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (213kB)
![[thumbnail of Bab 3.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
![[thumbnail of Bab 4.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![[thumbnail of Bab 5.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (142kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (33kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (336kB)
![[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (595kB)
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah mendorong masyarakat untuk berbagi pengalaman dan pendapat mereka terhadap suatu produk atau layanan melalui platform digital, salah satunya adalah Google Maps. Ulasan konsumen yang tersedia secara publik dapat dimanfaatkan sebagai sumber data untuk mengetahui persepsi pelanggan terhadap suatu toko. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen ulasan pelanggan terhadap Toko Sportholic di Google Maps dengan menggunakan algoritma Naive Bayes.
Tahapan penelitian ini meliputi pengumpulan data ulasan dari Google Maps, pengolahan data, pelabelan data secara manual menjadi sentimen positif dan negatif, serta pelatihan dan pengujian model menggunakan algoritma Naive Bayes. Evaluasi model dilakukan dengan menggunakan metrik akurasi, presisi, dan recall.
Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah metode Prototype. Dalam implementasi sistem menghasilkan 4 menu, yaitu menu data training, menu preprocessing, menu pengujian naive bayes, dan menu nilai akurasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa algoritma Naive Bayes mampu mengklasifikasikan ulasan dengan tingkat akurasi sebesar 90%, precision 83,3%, dan recall 100%. Yang menunjukkan performa yang cukup baik dalam mengelompokkan sentimen pelanggan. Dari analisis yang dilakukan, mayoritas ulasan terhadap Toko Sportholic bernada positif, yang mencerminkan kepuasan pelanggan terhadap produk dan layanan yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Sentimen, Google Maps, Naive Bayes, Ulasan Pelanggan |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikom |
Depositing User: | Perpustakaan Fikom |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 06:16 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 06:16 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4644 |