ANALISIS SENTIMEN ULASAN TOKO SPORTHOLIC DI GOOGLE MAPS MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES

Mutathohirin, Anwar (2025) ANALISIS SENTIMEN ULASAN TOKO SPORTHOLIC DI GOOGLE MAPS MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (595kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mendorong masyarakat untuk berbagi pengalaman dan pendapat mereka terhadap suatu produk atau layanan melalui platform digital, salah satunya adalah Google Maps. Ulasan konsumen yang tersedia secara publik dapat dimanfaatkan sebagai sumber data untuk mengetahui persepsi pelanggan terhadap suatu toko. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen ulasan pelanggan terhadap Toko Sportholic di Google Maps dengan menggunakan algoritma Naive Bayes.

Tahapan penelitian ini meliputi pengumpulan data ulasan dari Google Maps, pengolahan data, pelabelan data secara manual menjadi sentimen positif dan negatif, serta pelatihan dan pengujian model menggunakan algoritma Naive Bayes. Evaluasi model dilakukan dengan menggunakan metrik akurasi, presisi, dan recall.

Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah metode Prototype. Dalam implementasi sistem menghasilkan 4 menu, yaitu menu data training, menu preprocessing, menu pengujian naive bayes, dan menu nilai akurasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa algoritma Naive Bayes mampu mengklasifikasikan ulasan dengan tingkat akurasi sebesar 90%, precision 83,3%, dan recall 100%. Yang menunjukkan performa yang cukup baik dalam mengelompokkan sentimen pelanggan. Dari analisis yang dilakukan, mayoritas ulasan terhadap Toko Sportholic bernada positif, yang mencerminkan kepuasan pelanggan terhadap produk dan layanan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, Google Maps, Naive Bayes, Ulasan Pelanggan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 08 Oct 2025 06:16
Last Modified: 08 Oct 2025 06:16
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4644

Actions (login required)

View Item
View Item