TINJAUAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN DI RSAU dr. SISWANTO LANUD ADI SOEMARMO

SAPUTRO, YASMEEN AGUSTIA (2025) TINJAUAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN DI RSAU dr. SISWANTO LANUD ADI SOEMARMO. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (622kB)

Abstract

ABSTRAK
YASMEEN AGUSTIA SAPUTRO
Tinjauan Kualitas Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Di RSAU dr. Siswanto Lanud Adi Soemarmo
Pelayanan kesehatan merupakan bagian penting dalam upaya pemeliharaan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Salah satu bentuk pelayanan yang banyak digunakan adalah rawat jalan. Namun, berdasarkan studi pendahuluan di RSAU dr. Siswanto Lanud Adi Soemarmo ditemukan beberapa keluhan seperti waktu tunggu pendaftaran yang lama, penampilan petugas yang kurang rapi, serta adanya perbedaan pelayanan antara pasien BPJS dan umum. Hal ini menunjukkan perlunya evaluasi terhadap kualitas pelayanan yang diberikan.
Penelitian ini bertujuan untuk meninjau kualitas pelayanan kesehatan rawat jalan di RSAU dr. Siswanto Lanud Adi Soemarmo berdasarkan lima dimensi mutu pelayanan, yaitu reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 100 responden pasien rawat jalan. Teknik analisis data menggunakan analisis univariat dan skala Likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kualitas pelayanan pada kelima dimensi berada pada kategori sangat baik. Dimensi reliability memperoleh skor 85persen, responsiveness 86persen, assurance 84persen, empathy 86persen, dan tangibles 85persen. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar pasien merasa puas terhadap pelayanan yang diterima.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan rawat jalan di RSAU dr. Siswanto Lanud Adi Soemarmo tergolong sangat baik. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi dan masukan bagi rumah sakit dalam upaya peningkatan mutu pelayanan, khususnya dalam menjaga konsistensi pelayanan yang adil dan profesional.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Rawat Jalan, 5 Dimensi Mutu
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 - Rekam Medis dan Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikes
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 06 Oct 2025 04:12
Last Modified: 06 Oct 2025 04:12
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4706

Actions (login required)

View Item
View Item