Strategi Pengembangan Pasar Keripik Lele untuk Meningkatkan Pendapatan Peternak di Kampung Lele Boyolali

RAHMADHANI, OCTARIA NUR (2025) Strategi Pengembangan Pasar Keripik Lele untuk Meningkatkan Pendapatan Peternak di Kampung Lele Boyolali. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (751kB)

Abstract

STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR KERIPIK LELE UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PETERNAK DI KAMPUNG LELE BOYOLALI
Oleh:
Octaria Nur Rahmadhani
210310010

Diversifikasi usaha Kampung Lele melalui produk keripik lele memiliki tujuan untuk meningkatkan pendapatan peternak dan menyerap lele segar ukuran yang relatif besar yaitu 1 kg berisi 3, 4, 5 yang tidak laku terjual. Kenyataannya produk keripik lele memiliki kendala dalam pemasaran karena belum ada tim yang menghubungkan penjualan produk keripik lele di luar Jawa dan setiap hari masyarakat tidak membeli keripik lele, sehingga belum mampu meningkatkan pendapatan peternak lele di Kampung Lele Boyolali. Padahal produk keripik lele memiliki potensi pasar yang besar ketika mengetahui strategi pemasaran yang tepat. Analisis ROI memperoleh 79percen tergolong efisiensi dalam pengembalian modal setiap produksi dan analisis margin pemasaran memperoleh Rp 12.000. Analisis SWOT menyimpulkan bahwa membuat strategi saling kerjasama, menjaga ciri khas keripik lele, dan membrandingkan produk keripik lele dengan promosi yang efektif. Analisis IFAS dan EFAS yang menunjukkan nilai variabel X yaitu -0,64 dan Y 0.15 yang menempatkannya pada Kuadran III. Kuadran ini menggambarkan bahwa pasar keripik lele di Kampung Lele Boyolali memiliki peluang pasar yang cukup luas, namun masih terdapat beberapa kelemahan internal. Kondisi bisnis pada kuadran ini serupa dengan kategori Question Mark pada matriks BCG, di mana peluang pasar lebih besar dimanfaatkan, sementara perusahaan fokus pada strategi untuk mengatasi permasalahan internal.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Diversifikasi produk, Strategi pengembangan pasar, Keripik lele
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 - Agribisnis
SWORD Depositor: Perpustakaan Fst
Depositing User: Perpustakaan Fst
Date Deposited: 06 Oct 2025 08:24
Last Modified: 06 Oct 2025 08:24
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4756

Actions (login required)

View Item
View Item