ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN PASIEN BPJS DI RUMAH SAKIT UMUM ISLAM KLATEN DENGAN METODE SERVQUAL

AGUSTINA, KARINA PUTRI (2025) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN PASIEN BPJS DI RUMAH SAKIT UMUM ISLAM KLATEN DENGAN METODE SERVQUAL. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (615kB)

Abstract

ABSTRAK
KARINA PUTRI AGUSTINA
Analisis Kualitas Pelayanan Pendaftaran Pasien BPJS di Rumah Sakit Umum Islam Klaten Dengan Metode Servqual

Kualitas dalam pelayanan kesehatan sangat penting untuk diperhatikan karena dapat menggambarkan kualitas pelayanan tersebut. Berdasarkan survei pendahuluan pasien BPJS mengeluhkan proses pendaftaran lama pelayanan pendaftaran 1 pasien waktu tunggunya bisa mencapai 1 jam dikarenakan adanya kendala dalam jaringan yang dengan otomatis pelayanan menjadi terhambat. Tujuan penelitian mengetahui kepuasan pasien terhadap Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Pasien BPJS berdasarkan 5 dimensi (reliability, tangibles, empathy,
responsiveness, dan assurance)
Jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dengan pendekatan Cross Sectional yang dilakukan dengan pengambilan data kuesioner dan wawancara. Sampel 99 pasien rawat jalan BPJS dan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Kuesioner dan pedoman wawancara merupakan instrument dalam penelitian ini. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis secara deskriptif.
Hasil penelitian pada dimensi reliability mendapatkan presentase 77persen yang termasuk kategori puas, dimensi tangibles mendapatkan presentase 75persen yang termasuk kategori puas, dimensi empathy mendapatkan presentase 79persen yang termasuk kategori puas, dimensi responsiveness mendapatkan presentase 77%persen yang termasuk kategori puas dan dimensi assurance mendapatkan presentase 80persen yang termasuk kategori sangat puas.
Kesimpulan penelitian ini untuk 5 dimensi mutu sudah masuk dalam kategori Puas dan Sangat Puas. Penulis menyarankan sebaiknya pihak Rumah Sakit mempertahankan fasilitas kenyamanan pasien, meningkatkan kehandalan dan cepat tanggap petugas dalam pendaftaran di Rumah Sakit.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Rawat Jalan, 5 Dimensi Servqual Kepustakaan : 19 (1988-2024)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 - Rekam Medis dan Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikes
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 09 Oct 2025 02:48
Last Modified: 09 Oct 2025 02:48
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4843

Actions (login required)

View Item
View Item