ANALISIS FAKTOR PENYEBAB PENDING KLAIM BPJS KESEHATAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH KARANGANYAR TAHUN 2024

FARADINA, INTAN (2025) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB PENDING KLAIM BPJS KESEHATAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH KARANGANYAR TAHUN 2024. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (566kB)

Abstract

ABSTRAK

INTAN FARADINA

Analisis Faktor Penyebab Pending Klaim BPJS Kesehatan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar Tahun 2024

Klaim adalah permintaan pembayaran biaya pelayanan kesehatan oleh fasilitas kesehatan kepada BPJS Kesehatan. Pending atau sering disebut dengan unclaimeid yang artinya tidak terklaim atau tertunda. Berdasarkan hasil pengamatan di rumah sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar tahun 2024 jumlah pending klaim BPJS Kesehatan pasien rawat inap sebanyak 3.117 dari 16.020 klaim yang diajukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab pending klaim BPJS Kesehatan pasien rawat inap di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar tahun 2024.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dengan pendekatan retrospektif. Jumlah populasi sebanyak 3.117 dengan sampel 97. Teknik pengambilan sampel yang digunakan simple random sampling. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan checklist. Pengolahan data dengan collecting, editing, classification, tabulating, dan penyajian data. Analisis dilakukan secara deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab pending klaim BPJS Kesehatan pasien rawat inap di rumah sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar tahun 2024 dari aspek administrasi sebesar 16,49 persen, aspek koding 25,77persen, aspek medis 57,73 persen. Faktor penyebab pending klaim BPJS Kesehatan pasien rawat inap tertinggi pada aspek medis dengan persentase 57,73 persen pada kategori konfirmasi terkait indikasi medis.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah faktor utama penyebab pending klaim BPJS Kesehatan adalah aspek medis. Penulis menyarankan sebaiknya rumah sakit membuat SOP mengenai pengajuan klaim BPJS rawat inap, agar dalam pengajuan sesuai dengan SOP yang ditetapkan. Sebaiknya rumah sakit memeperkuat sistem verifikasi internal sebelum klaim diajukan, mengoptimalkan koordinasi antar tim medis, administrasi, koding untuk memastikan semua informasi yang diperlukan telah lengkap dan benar.

Kata kunci : Pending klaim, Faktor penyebab pending klaim, BPJS Kesehatan, Rawat inap
Kepustakaan : 33 (2014-2024)

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pending klaim, Faktor penyebab pending klaim, BPJS Kesehatan, Rawat inap
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 - Rekam Medis dan Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikes
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 09 Oct 2025 08:10
Last Modified: 09 Oct 2025 08:10
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4876

Actions (login required)

View Item
View Item