SISTEM PEMESANAN GAMELAN CUSTOM PADA ERLANGGA GONG

AFRIANSYAH, ENRI HILMY (2025) SISTEM PEMESANAN GAMELAN CUSTOM PADA ERLANGGA GONG. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (350kB)

Abstract

Industri pembuatan gamelan merupakan salah satu sektor yang berperan penting dalam pelestarian budaya Indonesia. Namun, pada praktiknya, proses pemesanan gamelan yang masih dilakukan secara manual menimbulkan berbagai permasalahan, seperti keterlambatan konfirmasi, kesalahan pencatatan spesifikasi pesanan, dan kurangnya transparansi informasi bagi pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem pemesanan gamelan custom berbasis web pada Erlangga Gong untuk mengatasi permasalahan tersebut, sehingga alur pemesanan menjadi lebih efisien, terdokumentasi, dan terintegrasi.
Metode pengembangan yang digunakan adalah Waterfall dengan tahapan analisis, perancangan, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Analisis kebutuhan dilakukan menggunakan metode PIECES untuk mengidentifikasi kelemahan pada sistem manual, sedangkan perancangan menggunakan Unified Modeling Language (UML). Implementasi dilakukan menggunakan framework Laravel dan database MySQL, sedangkan pengujian dilakukan dengan metode Black Box Testing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan mampu menggantikan proses manual sebelumnya dan menyediakan fitur-fitur utama, seperti registrasi pengguna, katalog produk, pemesanan produk dengan opsi kustomisasi, unggah bukti pembayaran, pelacakan status pesanan secara real-time, serta pengelolaan data produk dan pesanan oleh admin. Hasil pengujian sistem menggunakan metode blackbox testing menunjukan bahwa semua fitur maupun fungsi setiap menu pada sistem ini dapat berjalan sesuai harapan dan berfungsi dengan baik. Pengujian admin toko adalah Sangat Setuju dengan presentasi sebesar 80% dan Setuju 20%. pengujian customer adalah Sangat Setuju dengan presentasi sebesar 86% dan Setuju 14%. Sistem ini sudah sesuai dengan kebutuhan customer dan mempermudah dalam melakukan proses pemesanan gamelan.
Dengan adanya sistem ini, proses pemesanan gamelan menjadi lebih terstruktur, aman, dan transparan, sehingga meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini juga memberikan kontribusi terhadap pengembangan sistem informasi di sektor industri kreatif, khususnya pada pengelolaan pemesanan produk tradisional berbasis web.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Sistem Informasi, Pemesanan Online, Laravel, Waterfall, PIECES.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 11 Oct 2025 01:40
Last Modified: 11 Oct 2025 01:40
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4888

Actions (login required)

View Item
View Item