WIDIANA, IGLESYA YUNIAR (2025) SISTEM INFORMASI LAYANAN JASA BENGKEL SEPEDA MOTOR BERBASIS WEBSITE DI BENGKEL KLIWIR DONOHUDAN. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (352kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (215kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (495kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (218kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (43kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (398kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (668kB)
Abstract
Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah mendorong pelaku usaha untuk memanfaatkan sistem digital dalam pengelolaan kegiatan operasional. Toko Bengkel Kliwir yang berlokasi di Kabupaten Boyolali masih menggunakan metode pencatatan manual dalam transaksi penjualan, yang menyebabkan ketidakefisienan dalam pencatatan data, potensi kesalahan, dan kesulitan dalam monitoring stok barang serta pembuatan laporan penjualan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem informasi Layanan Jasa berbasis web guna membantu pengelolaan penjualan secara lebih efektif dan efisien.
Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall, meliputi tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Hak akses sistem dibagi menjadi beberapa level pengguna, yaitu admin, pemilik, masing-masing dengan fitur dashboard, kategori, transaksi, laporan sesuai kebutuhan operasional.
Berdasarkan hasil pengujian sistem dengan metode black box menunjukkan sistem berjalan dengan lancar dan baik. Hasil penelitian pengguna oleh 10 responden menghasilkan nilai rata-rata 92,28%. Dari hasil perhitungan dan mengacu pada tabel interpretasi persen maka dapat disimpulkan bahwa jumlah rata- rata dari skor actual % termasuk dalam kategori sangat setuju dengan adanya pembuatan sistem informasi layanan jasa untuk membantu proses pemesanan dan transaksi pada Toko Bengkel Kliwir.
Kata Kunci: Bengkel Kliwir, Penjualan Sparepart, Penjualan, Sistem Informasi, Web
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Bengkel Kliwir, Penjualan Sparepart, Penjualan, Sistem Informasi, Web |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi |
| SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikom |
| Depositing User: | Perpustakaan Fikom |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 02:07 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 02:07 |
| URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4905 |

