APLIKASI “AR-MULANG” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MUSKULOSKELETAL MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

FAUZI, Muhammad Syifaaul (2020) APLIKASI “AR-MULANG” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MUSKULOSKELETAL MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of REPOSITORY_180103107.pdf] Text
REPOSITORY_180103107.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

PEMBUATAN APLIKASI “AR-MULANG” SEBAGI MEDIA PEMBELAJARAN MUSKULOSKELETAL MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Oleh ;
Muhammad Syifaaul Fauzi
180103107

Universitas ‘Aisyiyah Surakarta merupakan salah satu perguruan tinggi swastas di Surakarta. Universitas ‘Aisyiyah Surakarta mempunyai 3 fakultas yaitu, Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Sains dan Teknologi (FST) . Proses belajar mengajar atau proses pembelajaran merupakan suatu kegiatan untuk melaksanakan kurikulum dalam suatu lembaga pendidikan agar tercapai tujuan Pendidikan. Media pembelajaran yang diterapkan oleh pengajar yaitu menggunakan buku dan menggunakan alat peraga dalam menyampaikan materi perkuliahan. Terutama dalam penyampaian materi perkuliahan pembelajaran rangka di laboratorium pada mata kuliah muskuloskeletal pada prodi DIV Fisioterapi.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan peneliti membagi menjadi dua yaitu untuk yang pertama adalah metode pengembilan data terdapat observasi, studi literatur dan dokumentasi. Yang kedua adalah metode pengembangan sistem menggunakan metode multimedia. Terdapat beberapa tahapan antara lain, konsep, desain, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan yang terakhir distribusi.
Aplikasi “ar-mulang” sebagai media pembelajaran musculoskeletal menggunakan augemented reality berbasis android ini bertujuan memudahkan dalam hal pembelajaran serta sebagai bahan ajar ketika di kelas maupun dimana saja. Pada hasil pengujian oklusi, jarak dan sudut menunjukkkan objek 3D tidak boleh terlahalang sesuatu sampai menutupi lebih dari 50% oada marker, pada sudut 900 marker tidak dapat terdeteksi, serta marker tidak berhasil pada jarak 60cm disetiap sudut yang telah diuji. Aplikasi ini dapat beroperasi pada perangkat mobil dengan sistem operasi android 4.0 hingga 6.0 dengan RAM 1GB hingga 3GB

Kata kunci : Augmented Reality, Muskuloskeletal, ARMULANG, Edukasi, Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 07 Aug 2021 03:44
Last Modified: 07 Aug 2021 03:44
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/495

Actions (login required)

View Item
View Item