WARDANI, ROHMAH RIZKI (2022) STUDI LITERATURE KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI UNIT GAWAT DARURAT. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (493kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (222kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (358kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (250kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (32kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (354kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (725kB)
Abstract
ABSTRAK
STUDI LITERATUR KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI
UNIT GAWAT DARURAT
Kepuasan pasien adalah respons evaluatif, afektif atau emosional yang terkait
dengan mutu pelayanan yang diberikan rumah sakit serta harapan pasien terhadap
pelayanan tersebut.
Jenis penelitian yang digunakan adalah studi literature. Metode studi literatur
adalah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka.,
membaca dan mencatat, serta mengelola bahan penelitian. Penelitian ini menggambarkan
kepuasan pasien gawat darurat berdasarkan dimensi service quality yaitu kehandalan, daya
tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik. Populasi dalam penelitian ini yaitu jurnal
mengenai kepuasan pasien terhadap pelayanan di unit gawat darurat. Sampelnya yaitu 5
jurnal yang berkaitan dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan di unit gawat
darurat.Instrumen yang digunakan dalam penelitian iniadalah aplikasi google scholar.
Pengolahan data meliputi pencarian dalam situs, collecting, screening, dan ekstrasi
data.Analisis data menggunakan analisis kualitatif.
Hasil penelitian dari 5 jurnal, didapatkan hasil presentase kepuasan pasien
gawatdarurat berdasarkan dimensi kehandalan (reability) tertinggi sebesar 86% kepuasan
pasien gawat darurat berdasarkan dimensi daya tanggap (responsiveness) tertinggi sebesar
86%. Kepuasan pasien gawat darurat berdasarkan dimensi jaminan (assurance) tertinggi
86%. Kepuasan pasien gawat darurat berdasarkan dimensi empati (empathy) tertinggi 89%.
Kepuasan pasien gawat darurat berdasarkan dimensi bukti fisik (tangibls) tertinggi 86%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan lima jurnal, pelayanan
kesehatan yang yang diberikan terhadap kepuasan pasien berdasarkan dimensi service
quality sudah baik, hanya saja pada dimensi bukti fisik (tangibels) masih kurang sehingga
mempengaruhi prosentase pasien puas saran penelitian ini diperlukan peningkatan
pelayanan kelima dimensi service quality.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Tingkat Kepuasan Pasien Gawat Darurat |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 - Rekam Medis dan Informatika |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikes |
Depositing User: | Perpustakaan Fikes |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 07:26 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 02:24 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/762 |