Syafitri, Fatma (2022) APLIKASI MOBILE LEARNING SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DAN HADITS SISWA KELAS 1 DI SD AL KAHFI ISLAMIC SCHOOL (AIS) BATAM. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (541kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (363kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (216kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (159kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (36kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (441kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (343kB)
Abstract
Adanya konsep mobile learning, pembelajaran dapat dilakukan tanpa terbatas
ruang dan waktu karena fleksibilitas dan portabilitas perangkat yang digunakan
sehingga siswa memiliki kesempatan belajar dengan ruang pembelajaran yang baru.
Tujuan penelitian ini yaitu membangun aplikasi mobile learning sebagai media
penunjang pembelajaran Al-Qur‟an dan Hadits siswa kelas 1 di SD Al Kahfi Islamic
School (AIS) Batam.
Aplikasi mobile learning ini dibuat berbasis mobile menggunakan bahasa
pemrograman PHP dan database MySQL. Sedangkan dalam pembangunannya,
penulis menggunakan PIECES sebagai metode analisis kelemahan sistem dan metode
RAD sebagai metode pengembangan sistem.
Tahapan dari pengembangan sistem terdiri dari rencana kebutuhan (requirement
planning), proses desain sistem (design system), dan implementasi (implementation).
Tampilan aplikasi ini mampu beradaptasi dengan perangkat mobile karena tampilan
aplikasi yang dibuat bersifat responsive. Pengujian aplikasi mobile learning ini
menggunakan black box testing yang menunjukan bahwa sistem berfungsi dengan
baik tanpa adanya error. Pengujian terhadap pengguna dilakukan dengan
menggunakan kuesioner yang menunjukan hasil rata – rata responden memilih
„setuju‟. Hal ini menunjukan bahwa aplikasi mobile learning sebagai penunjang
pembelajaran sudah dapat diterima dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Mobile learning, Al-Qur‟an dan Hadits, RAD |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikom |
Depositing User: | Perpustakaan Fikom |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 07:57 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 07:57 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/838 |