IMPLEMENTASI ASSOCIATION RULE MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENGETAHUI POLA PEMBELIAN OLEH-OLEH

NATASYA, AVIDKA FIDDIEN (2022) IMPLEMENTASI ASSOCIATION RULE MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENGETAHUI POLA PEMBELIAN OLEH-OLEH. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (735kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (688kB)

Abstract

Toko Keripik Belut dan Keripik Paru Rasa Marem Pak Sudilam merupakan
industri rumahan yang membuat oleh-oleh. Pemilik toko setiap harinya harus
memenuhi kebutuhan konsumen dan dituntut untuk mengambil keputusan yang
tepat dalam menentukan strategi penjualan. Untuk menganalisis kebiasaan
pelanggan dapat digunakan analisis keranjang pasar (market basket analysis) yaitu
suatu metode yang dapat digunakan untuk menganalisis perilaku pola belanja
konsumen.
Cara mengetahui oleh-oleh yang dibeli secara bersamaan, dapat digunakan
association rule (aturan asosiasi), yaitu teknik data mining untuk menemukan
aturan asosiatif suatu kombinasi item. Pencarian pola asosiasi berawal dari
pengolahan data transaksi penjualan oleh-oleh, kemudian dicari hubungan antar
oleh-oleh yang dibeli. Dengan algoritma apriori tersebut akan menghasilkan suatu
pola kombinasi item dan rules sebagai ilmu pengetahuan dan informasi penting
dari data transaksi penjualan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan
sistem waterfall dan perancangan pemodelan sistem UML (Unified Modelling
Language).
Aplikasi ini memiliki satu hak akses yaitu admin sebagai pengelola seluruh
sistem dan pengolah data transaksi di Toko Keripik Belut dan Keripik Paru Rasa
Marem Pak Sudilam. Aplikasi ini juga mencakup proses perhitungan Apriori
untuk menganalisa hasil penjualan di Toko Keripik Belut dan Keripik Paru Rasa
Marem Pak Sudilam. Pengujian sistem di RapidMiner dengan aplikasi yang telah
dibuat sama-sama menghasilkan 16 rule asosiasi dengan minimum support 30%
dan minimum confidence 20%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Data Mining, Apriori, Association Rule, Market Basket Analysis
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 22 Jul 2022 03:04
Last Modified: 22 Jul 2022 03:04
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/899

Actions (login required)

View Item
View Item