DAMAYANTI, HERLINA (2022) Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia TEMATIK Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SD Negeri 1 PULE. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (496kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (233kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (309kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (975kB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (134kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (45kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (314kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (709kB)
Abstract
SD Negeri 1 Pule adalah sekolah dasar negeri yang beralamatkan di Selogiri, Wonogiri.
Di SD Negeri 1 Pule dalam proses belajar mengajar guru kurang dalam pengaplikasian media
pembelajaran sehingga siswa sulit untuk memahami materi pelajaran yang di ajarkan. Selain
itu murid juga merasa bosan dan jenuh dengan model pembelajaran yang tidak bervariasi. Pada
mata pelajaran tematik yang sekarang diajarkan terdapat banyak pelajaran yang sulit dipahami
jika hanya berfokus pada buku paket, maka dalam penelitian ini penulis membangun sebuah
aplikasi media pembelajaran interaktif berbasis multimedia tematik.
Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Multimedia
Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu tahap concept, design,
material collecting, assembly, testing dan distribution. Pengujian sistem yang digunakan
dengan dua jenis yaitu black box testing dan pengujian dengan kuisioner. Dalam merancang
dan membangun aplikasi menggunakan perangkat lunak Adobe Flash CS6.
Hasil implementasi aplikasi yang telah dilakukan, dengan pengujian black box testing
bahwa aplikasi dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Dan berdasarkan
hasil pengujian pengguna yang dilaksanakan oleh penulis melalui kuisioner, menunjukkan
bahwa 56% responden sangat setuju dengan penggunaan aplikasi tersebut. Setelah
menggunakan aplikasi media pembelajaran tematik murid menjadi lebih tertarik belajar dengan
adanya teks, gambar dan video dalam aplikasi tersebut. Selain itu peserta didik dapat lebih
memahami materi yang diajarkan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Multimedia, Tematik, Interaktif, dan Adobe Flash |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikom |
Depositing User: | Perpustakaan Fikom |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 02:00 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 02:00 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/955 |