PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA RELAWAN MAHASISWA TENTANG TINDAKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KASUS TERSEDAK

AFIFAH, ANA NUR (2024) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA RELAWAN MAHASISWA TENTANG TINDAKAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KASUS TERSEDAK. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] PDF
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (748kB)

Abstract

Pendahuluan: Tersedak (choking) adalah penyumbatan saluran napas seluruhnya atau sebagian akibat benda asing, sehingga korbannya kesulitan bernapas dan dapat menyebabkan kekurangan oksigen. Biasanya jika ada yang tersedak, orang lain bisa menolong selama korban masih sadar, pertolongan yang diberikan biasanya berhasil dan tingkat kelangsungan hidup bisa mencapai 95%. Tujuan: penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan sikap relawan mahasiswa terhadap tindakan pertolongan pertama pada kasus tersedak. Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif metode quasi experiment dengan desain penelitian yang digunakan yaitu one group only with pre test-post test design. Sampel penelitian sebanyak 42 dilakukan uji menggunakan Wilcoxon Signed Ranks. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Hasil: Dari penelitian ini didapatkan pengetahuan relawan mahasiswa berpengetahuan cukup yaitu 31 (73,8 %) dan meningkat menjadi yaitu 20 (47,6 %) berpengetahuan baik dan cukup. Sikap relawan mahasiswa sebelum dilakukan pendidikan kesehatan cukup baik yaitu 41 (97,6%) dan setelah dilakukan pendidikan kesehatan sikap relawan mahasiswa meningkat menjadi baik yaitu 42 (100 %). Simpulan: Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap relawan mahasiswa terhadap pertolongan pertama pada kasus tersedak dengan nilai 0,00 (p kurangdari 0,05).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tersedak, Pengetahuan, Sikap, Relawan Mahasiswa
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 - Keperawatan
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikes
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 21 Oct 2024 08:01
Last Modified: 21 Oct 2024 08:01
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/3172

Actions (login required)

View Item
View Item