PARWANTI, YENI DWI (2024) ANALISA KOMUNIKASI TERAPEUTIK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI UPTD PUSKESMAS SAMBUNGMACAN 1 SRAGEN. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (390kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (247kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (339kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (253kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (30kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (305kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (708kB)
Abstract
Pendahuluan: Komunikasi sangatlah penting dalam profesi keperawatan, komunikasi bertujuan untuk menstransfer pesan kepada pasien atau tenaga kesehatan profesional lainnya. Terciptanya pelayanan kesehatan yang baik tentunya berkaitan dengan kualitas mutu pelayanan kesehatan yang diidentifikasi sebagai suatu kegiatan yang dilaksanakan secara berkelanjutan, sistematis dan objektif sebagai salah satu indikator pelayanan kesehatan yang baik dalam meningkatkan mutu pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi perawat terhadap kepuasan pasien. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross sectional. Waktu penelitian di lakukan pada bulan Maret 2024. Sampel penelitian ini sebanyak 34 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrument penelitian ini menggunakan lembar kuesioner. Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi terapeutik pada kategori terapeutik sebanyak 27 orang (79.4%) dan tidak terapeutik sebanyak 7 orang (20.6%). Tingkat kepuasan pasien pada kategori puas sebanyak 27 orang (79.4%) dan tidak puas sebanyak 7 orang (20.6%). Berdasarkan Uji Statistic Spearman Rank didapatkan hasil nilai p 0.000 maka p-value tersebut kurangdari 0.05, hasil tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Simpulan : Penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan komunikasi terapeutik perawat terhadap kepuasan pasien rawat inap di UPTD Puskesmas Sambungmacan 1 Sragen.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi terapeutik, kepuasan pasien |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 - Keperawatan |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikes |
Depositing User: | Perpustakaan Fikes |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 03:27 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 03:27 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/3196 |