Hubungan Pengetahuan Keluarga Dengan Sikap Terhadap Bullying Pada Remaja di SLB Negeri Surakarta

YULIASIH, SARYANTI NUR PUTRI (2025) Hubungan Pengetahuan Keluarga Dengan Sikap Terhadap Bullying Pada Remaja di SLB Negeri Surakarta. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (207kB)

Abstract

Hubungan Pengetahuan Keluarga Dengan Sikap Terhadap Bullying Pada Remaja di SLB Negeri Surakarta

ABSTRAK
Latar Belakang: Bullying merupakan perilaku agresif yang dilakukan secara berulang dengan tujuan untuk menyakiti secara fisik, verbal, maupun psikologis. Remaja dengan kebutuhan khusus yang berada di SLB memiliki kerentangan lebih tinggi menjadi korban bullying. Keluarga sebagai lingkungan utama anak memiliki peranan penting dalam memberikan pemahaman dan membentuk sikap yang tepat dalam menghadapi perilaku bullying. Tingkat pengetahuan keluarga mampu memengaruhi sikap terhadap penanganan dan pencegahan bullying. Tujuan: Mengetahui hubungan antara pengetahuan keluarga dengan sikap terhadap bullying pada remaja di SLB Negeri Surakarta. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh keluarga remaja di SLB Negeri Surakarta sebanyak 50 orang, dengan jumlah sampel 45 orang yang diambil menggunakan tehnik total sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner tertutup yang telah diuji validitas dan rehabilitasnya. Data dianalisis menggunakan uji Spearman Rank. Hasil: Hasil penelitian menunjukan mayoritas responden memiliki pengetahuan baik mengenai bullying dan menunjukan sikap positif terhadap penanganannya. Hasil analisis menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan keluarga dengan sikap terhadap bullying pada remaja di SLB Negeri Surakarta (p samadengan 0,039). Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan keluarga dengan sikap terhadap bullying. Semakin baik pengetahuan keluarga maka semakin positif sikap mereka dalam menanggapi bullying pada remaja. Diperlukan intervensi edukatif kepada keluarga guna meningkatkan kesadaran dan keterlibatan dalam pencegahan bullying di lingkungan SLB.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Bullying, Keluarga, SLB
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 - Keperawatan
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikes
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 02 Oct 2025 06:22
Last Modified: 02 Oct 2025 06:22
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4199

Actions (login required)

View Item
View Item