ANALISA PELAKSANAAN CARING PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUD Ir. SOEKARNO SUKOHARJO

ELIZAR, DIAN (2025) ANALISA PELAKSANAAN CARING PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUD Ir. SOEKARNO SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (379kB)

Abstract

Pelayanan keperawatan merupakan salah satu elemen penting dalam peningkatan mutu pelayanan rumah sakit, di mana sikap caring perawat berperan langsung terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara sikap caring perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Ir. Soekarno Kabupaten Sukoharjo. Desain penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan cross-sectional, menggunakan teknik purposive sampling dan jumlah responden sebanyak 91 orang. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner caring perawat dan kepuasan pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden menilai sikap caring perawat dalam kategori baik (73,63%) dan merasa sangat puas terhadap pelayanan keperawatan (78,02%). Uji Normalitas menggunakan shapiro-wilk menunjukkan bahwa data tidak berdistribusi normal sehingga analisis bivariat menggunakan uji statistik Spearman Rank. Uji Spearman Rank menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara sikap caring perawat dengan kepuasan pasien (psamdengan0,013). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara perilaku caring perawat dan tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam pengembangan pelayanan keperawatan yang lebih berkualitas dan berorientasi pada pasien. Penelitian ini memiliki keterbatasan dalam cakupan variabel dan responden, sehingga disarankan untuk penelitian selanjutnya dapat mempertimbangkan faktor lain yang turut memengaruhi kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan keperawatan,Caring Perawat,Kepuasan Pasien
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 - Keperawatan
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikes
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 01 Oct 2025 08:25
Last Modified: 01 Oct 2025 08:25
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4302

Actions (login required)

View Item
View Item