Pengaruh Cognitive Behaviour Therapy Terhadap Tingkat Depresi Pada Remaja Yang Mengalami Cyberbullying

NURELIZA, VIVI (2025) Pengaruh Cognitive Behaviour Therapy Terhadap Tingkat Depresi Pada Remaja Yang Mengalami Cyberbullying. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (571kB)

Abstract

Latar Belakang: Cyberbullying merupakan tindakan penganiyaan dan pelecehan yang agresif dan disengaja dengan menggunakan segala bentuk teknologi digital. Prevalensi cyberbullying pada remaja di Indonesia sebesar 45persen mengalami pelecehan melalui sosial media. Cyberbullying muncul sebagai masalah kesehatan masyarakat, terlepas dari ekonomi nasional, dengan potensi menyebabkan tekanan fisik, mental (depresi), dan sosial yang parah diantara para korban. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh cognitive behaviour therapy (CBT) terhadap tingkat depresi pada remaja yang mengalami cyberbullying. Metode: Metode penelitian ini menggunakan desain Quasy eksperiment with one group pretest-posttest. Sample penelitian terdiri dari 38 siswa/i SMP Kanisius 1 Surakarta. Alat ukur menggunakan tingkat depresi dengan Childrens Depression Inventory (CDI). Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum intervensi, mayoritas responden berada pada kategori depresi sedang (47,4persen) dan berat (31,6persen). Setelah diberikan CBT, distribusi bergeser menjadi mayoritas depresi ringan (47,4persen) dan sebagian kecil tidak mengalami depresi (13,2persen). Hasil uji statistik menunjukkan perubahan signifikan (p kurangdari 0,05), yang berarti terdapat perbedaan tingkat depresi sebelum dan sesudah intervensi. Kesimpulan: Terapi cognitive behaviour therapy berpengaruh dalam menurunkan tingkat depresi pada remaja yang mengalami cyberbullying.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: cyberbullying, cognitive behaviour therapy, depresi, remaja
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 - Keperawatan
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikes
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 01 Oct 2025 07:21
Last Modified: 01 Oct 2025 07:21
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4322

Actions (login required)

View Item
View Item